0
Home  ›  linux

Cara Melihat Paket yang Pernah di Instal di Linux

 

Manajemen paket perangkat lunak sangat berperan penting dalam kelancaran mengoperasikan sistem yang melibatkan instalisasi, peningkatan, konfigurasi dan penghapusan paket pada perangkat lunak.

Manajer paket adalah alat perangkat lunak yang mengotomatiskan pengelolaan perangkat lunak pada sistem dengan menyederhanakan tugas-tugas kompleks seperti instalasi, peningkatan, dan penghapusan paket perangkat lunak.

Pembahasan kali ini ialah bagaiman cara memeriksa apakah suatu paket di instal menggunakan manageer paket di sistem linux.

Mengguunakan APT dan DPKG (Debian)

Pada sistem linux berbasis debian seperti ubuntu dan kali linux APT (Alat Pengemasan Tingkat Lanjut) dan dpkg (Manajer Paket Debian) adalah alat penting untuk mengelola paket perangkat lunak.

Untuk memeriksa apakah suatu paket diinstal dengan APT atau dpkg, Anda dapat menggunakan salah satu perintah berikut.

$ apt list --installed | grep 
atau
$ dpkg -l | grep 
Ganti <package-name> dengan nama paket yang akan kamu periksa. Jika paket diinstal, kamu akan melihat informasi yang relevan; jika tidak, tidak akan ada keluaran.

Menggunakan YUM dan DNF (RHEL)

Pada sistem berbasis Red Hat seperti CentOS , Fedora, dan Rocky dan AlmaLinux, YUM (Yellowdog Updater, Dimodifikasi ) dan DNF (YUM Dandified) adalah pengelola paket yang paling umum digunakan.

Untuk memeriksa apakah suatu paket diinstal dengan yum atau dnf, Anda dapat menggunakan salah satu perintah berikut.
$ yum list installed | grep <package-name>
atau
dnf list installed | grep <package-name>
Atau kamu bisa mengguanakan perintah rpm.
rpm -qa | grep <nama-paket>

Menggunakan Pacman (Arch Linux)

Pada sistem berbasis Arch Linux, seperti Manjaro dan Garuda, Pacman adalah pengelola paket default dan untuk memeriksa jika paket tertentu diinstal atau tidak, gunakan perintah berikut.
$ pacman -Q | grep <package-name>

Menggunakan Zyyper (Open Suse)

Manajer paket yang digunakan pada SUSE Distribusi Linux, termasuk openSUSE, disebut Zypper dan untuk memeriksa apakah suatu paket diinstal menggunakan Zypper, kamu dapat menggunakannya.
$ zypper search --installed-only <package-name>

Kesimpulan

Untuk memeriksa setiap paket pada linux tugas yang berfariasi tergantug pada sistem dan menejer paket yang di gunakan. Perintah-perintah yang terdapat pada panduan ini merupakan perintah yang pada umum di gunakan.
./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS