0
Home  ›  bash

17 Perintah Dasar Linux yang Wajib di Kuasai Pemula


Linux merupakan turunan unix yang bersifat open sourch, kamu bisa menggunakan linux di perangkat komputer atau dapat membeli linux ke penyedia server. Namun saat ini linux dapat di gunakan di windows dalam bentuk command linux.

Sebelum melakukan migrasi ke linux, ada beberapa tahapan yang mesti kamu ketahui. Salah satunya yaitu mengetahui perintah dasar linux itu sendiri. 

Baik untuk mempersingkat tulisan ini agar mudah kamu mengerti kita akan langsung saja membahas beberapa perintah dasar linux.

Perintah pwd 

Perintah ini tidak asing lagi yaitu perintah pwd (print working direktori) ini merupakan perintah dasar yang memiliki fungsi untuk menampilkan lokasi direktori saat ini. Misalnya kamu berada pada file home\linuxploiter kamu bisa menjalankan perintah pwd untuk menampilkan home\linuxploiter.

 Perintah cd

Perintah kedua yaitu perintah cd (change directory) perintah ini memudahkan kamu untuk bisa berpindah ke direktori atau file lain dengan menggunakan terminal. Penggunaanya yaitu cd /home/user/document.

Perintah mkdir

Perintah mkdir (make direktori) merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat direktori baru, cara penggunaannya pun sangat mudah. Misal kamu ingin membuat file baru bernama tugas, untuk membuatnya kamu membutuhkan perintah mkdir.

mkdir namaproject

Dengan menggunakan perintah tersebut kamu sudah berhasil membuat sebuah foder baru dengan nama namaprocjet.

Perintah rmdir

Perintah rmdir (remove direktori) ini merupakan perintah dasar yang memiki fungsi untuk menghapus file direktori atau folder yang kosong, namun jka folder yang terhapus tersebut terisi file atau folder lain maka tidak akan bisa.

Perintah rm 

Jika kamu ingin menghapus sebuah file atau folder kamu bisa menggunakan perintah rm, misal kamu ingin menghapus file video.mp4 kamu bisa menjalankan rm video.mp4.

Perintah echo

Perintah echo merupakan perintah yang di gunakan untuk menampilkan string atau variabel ke terminal. Kamu bisa menggunakan perintah ini dengan menambahkan string yang ingin di tampilkan sebagai argumennya.

Perintah cat

Perintah cat di gunakan untuk menampilkan isi file terminal dan juga menggabungkan beberapa file menjadi satu. Kamu bisa menggunakan perintah ini dengan menyertakan nama file yang ingin di tampilakan sebagai argumennya. Misalnya, cat file.txt akan menampilkan isi file bernama file.txt di terminal.

Perintah ls

Perintah ls merupakan perintah yang memiliki fungsi untuk menampilkan daftar file lokasi saat ini. Cara mengguankan perntah ini sangat mudah kamu hanya perlu menjalankan perintah ls tanpa perlu menambahkan argumen apapun.

Perintaha locate

Perintah locate berfungsi untuk mencari lokasi file atau direktori (folder), cara penggunaannya sangat sederhana kamu bisa hanya perlu menjalankan perintah lolcate dengan menambahkan folder atau di rektori yang akan di cari.

Perintah touch

Perintah touch merupakan perintah yang berguna untuk membuat file baru atau mengubah tanggal modifikasi file.yang sudah ada, namun jika file tersebut tidak ada maka touch akan membuat file baru dengan nama tersebut.

Perintah uname

Ini merupakan perintah dasar sistem operasi linux fungsi untuk mencetak informasi lengkap tentang sistem linux seperti misalnya sistem operasi, nama mesin, dll.

Perintah tar

Perintah tar mirip dengan zip, hanya saja perbedaannya terletak mengumpulkan data dalam format data tar dan tidak ada pengompresan.

Perintah zip dan unzip 

Perintah tar mirip dengan zip, hanya saja perbedaannya terletak mengumpulkan data dalam format data tar dan tidak ada pengompresan.

Perintah sudo 

Perintah ini sering kali di gunakan oleh pengguna linux, fungsi perintah ini ialah menjalankan sebuah file yang memiliki hak akses superuser (root).

Sangat berfungsi ketika kamu mengakses sebuah folder atau file yang membutuhkan hak akses super user. Syarat untuk menggunakan perintah ini adalah  Anda perlu memiliki hak akses superuser atau menjadi bagian dari grup sudo yang diberikan hak akses tersebut. 

Perintah cp

Perintah cp merupakan perintah yang  berfungsi untuk menyalin file ke dalam direktori lain. perintah ini berguna untuk membuat salinan file atau direktori yang sama persis dengan aslinya.

Perintah mv 

Perintah mv (move) adalah perintah dasar Linux yang digunakan untuk memindahkan file atau direktori (folder) ke lokasi lain di sistem operasi. 

Perintah ping 

Perintah ping adalah perintah dasar Linux yang digunakan untuk mengetes koneksi jaringan ke alamat IP atau hostname lain.

Akhir Kata 

Melalui penulisan ini admin telah memberikan pembahasan dan pemahaman dasar pada linux, sebelum kamu belajar lebih dalam lagi. Ada baiknya kamu juga perlu mempelajari ini, walaupun ini merupakan perintah dasar yang terdapat pada linux, namun harus mesti di pahami karena setiap perintah ini akan berfungsi ketika kamu mengoperasikan linux


./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS