0
Home  ›  Windows

Cara Mengatasi Brightness Tidak Berfungsi di Laptop / PC

 


Seringkali saat di depan laptop atau PC mata kita tidak tahan ini di karenakan radiasi cahaya pada laptop atau PC sangat tinggi sehingga membuat mata menjadi perih. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menurunkan pencahayaan yang di hasilkan oleh laptop atau PC, sering kali juga ini tidak berhasil di karenakan beberapa faktor seperti kamu belum melakukan update driver dan masih banyak lagi. Untuk hal tersebut kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Instal VGA

Lagkah pertama dan ini di pastikan berhasil yaitu denga cara menginstal ulang driver, seperti yang kita ketahui keberadaan driver pada windows memang sangatlah penting. Jika hardware tidak di dukung oleh driver kemungkinan besar tidak akan berfungsi dengan baik.

Begitu juga dengan driver VGA, bisa saja masalah brightness tidak berefungsi di PC atau laptop di karenakan belum terinstal driver pendukung. Jadi silahkan pastikan terlebih  dahulu apakah sudah terinstal atau belum. Kamu bisa menggunakan CD instalisasi untuk melakukan upgrade VGA  atapun jika tidak ada kamu bisa secara manual.

  1. Ketik di google VGA driver + laptop VGA yang kamu gunakan.
  2. Silahakan kamu memilih yang website resmi.
  3. Setelah masuk ke dalam silahkan unduh.
  4. Jika sudah silahkan instal dan ikuti langkah-langkahnya.
  5. Kemudian restart.

2. Update Driver

Jika perangkat sudah terinstal driver, pastikan juga kamu sudah melakukan updatenya. Terkadang versi lawas tidak kompetible dengan Laptop atau PC kamu saat ini.

Untuk melakukan update kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi update driver yang bisa di download di googl, namun kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi recomend misalnya Drivere booster iobit ataupun Driver Package.

3. Reinstal Ulang Driver

Meski kamu sudah melakukan update apda driver, namun masih saja ada beberapa fungsi yang tidak dapat berjalan dengan baik. Kamu bisa melakukan reinstal ulang driver tersebut, untuk langkah-langkahnya kamu bisa mengikuti di bawah ini.

  1. Pertama buka Device Manager di perangkat anda.
  2. Lalu buka Display Adapter dan klik kanan pada bagian Driver VGA klik Propeties.
  3. SEtelah masuk propeties klik tab Driver lalu kilk Rool Bak Driver.
  4. kuti langkah berikutnya hingga proses selesai.
  5. Jiaka sudah silahkan restart.

4. Menggunakan Basic Display Driver 

Selain menggunakan driver VGA kamu bisa juga menggunakan opsi basic display driver, kekurangannya tentu tampilan yang di hasilkan tidak sebagus driver aslinya.

Tapi tenang dulu gan, river basic display adapter hanya digunakan untuk pancingan saja kok. Nantinya, kita tetap akan mengembalikan driver seperti semula.
  1. Buka Device Manager seperti sebelumnya.
  2. Setelah itu, buka Display adapters > klik kanan pada driver VGA perangkat Anda > klik Update driver.
  3. Pada tampilan jendela yang ditampilkan, silahkan klik Browse my computer for drivers.
  4. Pada halaman selanjutnya, klik Let me pick from a list of available drivers on my computer untuk memilih driver yang sudah tersedia.
  5. Selanjutnya, pada driver yang ditampilkan, silahkan pilih Microsoft Basic Display Adapter lalu klik Next.
  6. Silahkan tunggu proses update sampai selesai (saat proses, Anda akan melihat layar laptop berkedip).
  7. Jika sudah selesai silahkan di close.
./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS