0
Home  ›  linux

Cara Membuat File di Linux Menggunakan Terminal

 


Dalam file operating sisitem linux, file merupakan kumpulan data yang biasa kamu buat dan save. Dapat berupa file konfigurasi, data -data file penting yang biasa setelah di buat dan di simpan di dalam folder linux.

Ada berbagai jenis file, termasuk teks, biner yang dapat dieksekusi, media, sistem, dan masih banyak lagi. Meskipun beragam, file teks menyumbang sekitar 50 hingga 80% data. Oleh karena itu, ini adalah aspek penting yang harus diperhatikan pengguna.  Banyak pemula yang belum mengetahui pendekatan untuk membuat file teks baru. Jadi, dalam panduan ini, kami menjelaskan secara singkat bagaimana Anda dapat membuat file di Linux tanpa kesulitan.

Terdapat 3 metode yang bisa di gunakan untuk membuat file di linux yaitu menggunakan text editor, perintah terminal linux, dan juga redection operation (operator pengalih). Dalam pembahasan kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Editor Teks

Editor teks Linux adalah alat yang ampuh namun sederhana untuk membuat file teks dan mengeditnya. Ada berbagai editor teks seperti Nano dan Vim di sistem Linux. Misalnya, untuk membuat file, misalnya sample.txt menggunakan nano, perintah Anda adalah:
$ sampel nano.txt
Saat memasukkan perintah ini, itu akan membuat file sample.txt dan membukanya di jendela editor teks.

Perintah Touch

Touch merupakan perintah yang berfungsi untuk membuat file kosong dan memperbarui stempel waktu file dengan cepat. Untuk menggunakannya untuk membuat file teks, gunakan perintah berikut:

Redirect Operator

Misalnya kamu menjalankan perintah atau skrip yang outputnya ingin Anda simpan dalam file teks. Di sinilah operator pengalihan “>” berperan. Misalnya, untuk menyimpan keluaran perintah echo dalam file teks baru, “sample_file.txt,” kamu harus menggunakan:
echo "Halo, ini adalah contoh file." > sampel_file.txt
Dengan mengetahui perintah di atas merupakan salah satu hal yang pertama yang harus kamu pelajari dalam menjalankan Linux. Panduan ini mencantumkan tiga pendekatan yang dapat Anda gunakan untuk membuat file teks. Metode ini melibatkan penggunaan editor teks, operator pengalihan, dan perintah sentuh. Meskipun cara melalui editor teks paling sederhana, dua metode lainnya dapat digunakan.
./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS