0
Home  ›  linux

Cara Atasi Black Screen Setelah Upgrade Kernel di Linux Ubuntu

 


Pernah mengalami setelah upgrade tampilan linux ubuntu menjadi gelap atau black screen? jangan takut kamu tidak perlu panik dengan kejadian hal tersebut. Ini biasa terjadi terutama ketika kamu baru memulai menggunakan linux ubuntu. Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu bisa membaca dan mengikuti tutorial-tutorial berikut.

Hal ini terjadi karena adanya kernel yang tidak terupgrade dengan sempurna ataupun kernel yang lama tidak terhapus secara otomatis ketika melakukan upgrade kernel. Untuk langkah-langkah ini dapat di lakukan dengan menggunkan Command Line Interface (CLI), namun jangan khawatir kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dengan membaca artikel ini.

  1. Silahkan restart komputer atau laptop, namun jika tidak bisa kamu bisa melakukan car ekstrimnya seperti menekan tombol power. Jika sudah tinggal tunggu 2 menit dan kemudian kamu bisa menyalakannya kembali.
  2. Setelah itu akan muncul splash screen BIOS atau POST komputer, tekan dan tahan tombol shift maka akan muncul menu GNU GRUB (pastikan kamu menekannya sebelum muncul logo Ubuntu). Cari kernel lama, jika tidak ada disini coba masuk ke “Advanced options for Ubuntu".

  3.  Silahkan pilih kernel yang aakn di boot atau jika kamu ragu kamu bisa mencobanya satu-satu dan lihat apakah ada yang bisa di boot dan dapat masuk ke dalam tampilan dekstop.  Kamu juga bisa mencoba boot recovery mode seperti yang di bawah ini.

  4. Silahkan login dan masuk ke desktop silakan cari dan masuk ke terminal, lakukan backup dulu file /etc/default/grub untuk jaga-jaga dengan perintah.
    sudo cp /etc/default/grub /etc/default/grub
    .
  5. Lalu edit fie aslinya, sebelumnya pastikan sudah melakukan backup pada file asli. 
  6. sudo nano /etc/default/grub
  7. Lalu temukan baris perintah GRUB_DEFAULT=0

  8. Silahkan ganti 0 itu dengan kernel lama tadi yang kamu pilih sehingga kamu bisa masuk ke desktop. Jika kamu lupa, kamu bisa masuk ke /boot/grub/grub.cfg. Cara masuknya bisa menggunakan sudo nano /boot/grub/grub.cfg lalu enter. Untuk keluar dari /etc/default/grub tekan ctrl+x, jika ada pilihan untuk menyimpan, tekan ctrl+n. tampilannya seperti di bawah ini.
  9. Scrol sampai ke bawah dan silahkan cari kernel yang tadi berhasil diboot disana lalu kembali ke sudo nano /etc/default/grub.
  10. Kalau kamu tadi masuk terlebih dahulu ke menu “Advanced options for Ubuntu” maka grub default bisa disetting menjadi. GRUB_DEFAULT="Advanced options for Ubuntu>x" di mana x merupakan kernel yan kamu pilih, jika kamu memilih kernel ke 3 maka sourch nya sperti di bawah ini. GRUB_DEFAULT="Advanced options for Ubuntu>2".

  11. Kenapa harus di tulis dengan angka 2 karena pada awalnya berindeks awalan 0.
  12. Jika ingin menulis kernelnya harus sama persis. 
    GRUB_DEFAULT="Advanced options for Ubuntu>Ubuntu, with Linux 5.4.0.40-generic"
    dan kemudian save.
  13. Lalu upgrade.
    sudo update-grub
  14. Restart atau reboot, maka jika berhasil seharusnya kamu sudah bisa masuk ke Ubuntu dengan kernel pilihanmu tadi.

./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS