0
Home  ›  linux

Cara Mudah Format Flashdisk di Kali Linux dan GNU Linux


Untuk format flashdisk di linux tidak jauh beda dengan memformat di windows, namun di linux kamu bisa juga menggunakan termial untuk melakukan format pada flashdisk. Pada pembahasan kali ini admin akan memberikan tutorial cara format flashdisk degan dua cara yaitu dengan menggunkaan metode manual ataupun dengan menggunakan terminal.

Format Flashdisk Melalui Terminal

Untuk metode pertama kamu bisa membuka terminal kemudian masukan perintah berikut.
$ sudo fdisk -l
Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Silahkan cocokan dega nama flashdisk kamu dengan nama data yang di tampilkan di terminal linux, misalnya /dev/sdb1. Setelah itu jalakan perintah di bawah ini.
$ sudo umount /dev/sdb1
$ sudo mkfs.vfat /dev/sdb1
Perintah ‘vfat‘ dimana FAT menyatakan format flashdisk setelah diformat. Kamu juga bisa  ganti dengan ntfs, hfs, ext2, ext3, ext4, dan lain-lain berdasarkan dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Untuk cara kedua sangat mudah di lakukan, kamu hanya perlu mengklik kanan pada nama flashdisk. Setelah itu klik kanan dan kemudian klik format. Selanjutnya terdapat opsi-opsi (Erase, Type, dan Format) yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda pada Format Volume ini. Anda bisa mengikuti piliha default seperti pada gambar.

Kemudian akan muncul sebuah konfirmasi kembali untuk meyakinkan Anda melakukan format flashdisk yang benar. Pada tahap ini akan ditampilkan jenis device flashdisk. Sebelum melakukan format pastikan data-data penting yang terdapat ada flashdisk sudah di backup

./X3NUX
Mereka teralu banyak mengusik, maka bunuh dan dan matilah sekarang juga!!!!
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS